Gudang Inovasi, Sakip dan E-Planning Surabaya Diadopsi Pemkab Magetan

author Dani

- Pewarta

Kamis, 28 Mar 2024 23:12 WIB

Gudang Inovasi, Sakip dan E-Planning Surabaya Diadopsi Pemkab Magetan

Surabaya (optika.id) - Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima dengan hangat kedatangan Penjabat (Pj) Bupati Magetan Hergunadi beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Kamis (28/3/2024). Kedatangan mereka untuk menandatangani kerjasama Pembangunan Daerah antara Pemkot Surabaya dengan Pemkab Magetan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan mengatakan bahwa mulai hari ini Pemkot Surabaya bekerjasama dengan Pemkab Magetan, terutama terkait dengan pembangunan. Di tahap awal ini, yang dikerjasamakan adalah aplikasi milik Pemkot Surabaya yang berkaiatan dengan SAKIP dan juga e-planning akan diduplikasi oleh Pemkab Magetan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya: Pengelola Wisata Harus Perhatikan Juga Keamanannya

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Sedangkan E-planning merupakan sistem informasi yang di bangun untuk menjadi portal utama sistem Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. “Nah, SAKIP kita dua tahun terakhir ini berhasil mendapatkan nilai A (Sangat Baik) dan SAKIP kita sudah sesuai dengan standart yang ada di pusat, dan e-planning kita juga sudah lama kita terapkan dan sangat membantu,” kata Sekda Kota Surabaya Ikhsan seusai penandatanganan kerjasama.

Ikhsan juga menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu Pak Deputi dan Pak Asdep di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) berharap Pemkot Surabaya bisa menerima kunjungan dan kerjasama dari berbagai daerah di Indonesia. Tentunya, Surabaya sangat senang menerima kunjungan dan kerjasama dari daerah-daerah lainnya karena Surabaya bisa membantu Kemenpan RB dalam menyampaikan berbagai program pusat untuk membantu daerah-daerah di Indonesia.

“Nah, ada beberapa daerah yang sudah bekerjasama khusus berkaitan dengan SAKIP ini, dan hari ini kita ketambahan dari Pemkab Magetan,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Gelar Pasar Murah di Sejumlah Titik, Ada 244 Titik

Sementara itu, Pj Bupati Magetan Hergunadi menyampaikan terimakasih banyak kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Sekda Kota Surabaya beserta jajarannya yang telah menyambutnya dengan sangat baik. Ia mengaku sangat berharap banyak kepada Pemkot Surabaya supaya jajarannya bisa dibina di bidang pemerintahan dan lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Masalah SAKIP dan eplanning ini kan sangat penting dalam pemerintahan, sehingga kami berharap setelah belajar dari Surabaya, pelayanan kami di Magetan bisa jauh lebih bagus kepada masyarakat,” katanya.

Ia juga menjelaskan alasannya memilih Kota Surabaya untuk belajar dan mengadopsi aplikasi SAKIP dan eplanning. Salah satu alasan karena pasti lebih ekonomis, selain jaraknya lebih dekat, jajaran yang akan belajar di Surabaya juga akan diajari secara gratis dan aplikasinya juga bisa diduplikasi secara gratis, sehingga aplikasi itu tinggal menyesuaikan dengan kondisi di Magetan.

Baca Juga: Eri Cahyadi Apresiasi Upaya Nakes Cegah Stunting Surabaya

“Selain itu, Surabaya ini pasti gudangnya ilmu dan inovasi, SDM banyak dan handal. Jadi, kita akan bekerjasama yang saling menguntungkan dan akan saling support,” katanya melansir surabaya.go.id

Setelah melakukan penandatanganan kerjasama itu, Hergunadi memastikan akan meminta jajarannya untuk sekolah di Pemkot Surabaya. Untuk di tahap awal, yang akan diadopsi dari Kota Surabaya adalah SAKIP dan eplanning, namun akan terus menyusul kerjasama lainnya. “Insyaallah habis lebaran teman-teman dari Magetan akan sekolah di Pemkot Surabaya,” pungkasnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU