3 Penyebab Asam Urat yang Sering Terjadi pada Anak Muda

author Mei Nurkholifah

- Pewarta

Minggu, 07 Apr 2024 22:30 WIB

3 Penyebab Asam Urat yang Sering Terjadi pada Anak Muda

Surabaya (optika.id) - Penyakit asam urat umumnya menyerang orang-orang berusia diatas 30 tahun atau orang-orang berusia lanjut. Akan tetapi, di era modern seperti sekarang ini, ditemukan pula anak-anak muda usia belasan hingga usia 20-an yang terkena asam urat. Melansir dari laman halodoc.com, pada Minggu 97/4/2024) risiko anak muda terkena asam urat umumnya disebabkan oleh pola dan gaya hidup yang kurang sehat. Hal ini menyebabkan risiko terserang berbagai penyakit seperti asam urat juga cukup tinggi.

Sejatinya, asam urat dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur. Namun, terkadang kita cukup lalai dan abai terhadap hal ini sehingga menyebabkan asam urat bisa menyerang diri kita. Berikut ini 3 kebiasaan yang sering dilakukan anak muda dan berisiko menyebabkan asam urat.

Baca Juga: Generasi Z Bicara Soal Pernikahan, Dianggap Tidak Penting?

1. Jarang Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mencegah risiko terjadinya asam urat.

Melansir dari artikel berjudul “oods to eat and foods to limit while living with gout”, air putih membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga sistem metabolisme dalam tubuh.

Apabila kekurangan minum air putih, otomatis ginjal akan bekerja lebih keras lagi dan menyebabkan penyaringan kandungan nutrisi dan zat kotor yang masuk ke dalam tubuh menjadi tidak maksimal.

Hal inilah yang menyebabkan risiko terjadinya asam urat apabila tidak rutin mengonmsumsi air putih. Dalam sehari, dianjurkan untuk minum paling tidak 8-10 gelas air putih agar tetap merasa terhidrasi.

Baca Juga: Semua Serba AI, Bagaimana Masa Depan Gen Z?

2. Tidak Menjaga Berat Badan Ideal

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berat badan ideal dan risiko asam urat ternyata memiliki beberapa korelasi. Melansir dari artikel yang terbit dalam “National Health Institute”, menyebutkan orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cukup berisiko terkena asam urat.

Hal tersebut dikarenakan tubuh akan memproduksi kandungan asam alami secara berlebihan. Tubuh yang memiliki berat badan berlebih juga berisiko memiliki sistem metabolisme yang kurang begitu baik dan berisiko menyebabkan asam urat.

Baca Juga: Tekanan Generasi Masa Lalu Bayangi Tekanan Hidup Generasi Masa Kini

3. Minum Minuman Beralkohol

Meminum minuman beralkohol terlalu sering juga berisiko meningkatkan penyakit asam urat pada diri seseorang.

Hal ini dikarenakan minuman dengan kandungan alkohol akan menurunkan kinerja ginjal untuk dapat menyaring zat-zat dari luar yang berisiko menyebabkan asam urat. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi minuman keras atau beralkohol. 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU