Cak Imin Soal Tandingan Kuat di Pilgub Jatim, Harus Siap Wong Partai Pemenang!

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 04 Mei 2024 00:47 WIB

Cak Imin Soal Tandingan Kuat di Pilgub Jatim, Harus Siap Wong Partai Pemenang!

Surabaya (optika.id) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandaratau Cak Imin menyatakan PKB sebagai partai politik pemenang di Jawa Timur (Jatim), siap melawan gubernur petahana dalam Pilkada 2024.

“Ya harus siaplah, partai pemenang,” kata Cak Imin seusai menghadiri acara bertajuk ta'aruf politik dengan ratusan bakal calon kepala daerah di Jakarta, Kamis (2/5/2024), dipantau dari siaran kanal YouTube Kompas TV.

Baca Juga: PKB Tengah Siapkan Strategi Kalahkan Khofifah di Pilkada Jatim Mendatang

Dia menjelaskan, hanya di Jawa Timur PKB bisa mengusung calon kepala daerah level provinsi secara mandiri atau tanpa perlu berkoalisi.

Meski demikian, Cak Imin menyebut PKB dapat mengusung calon kepala daerah secara mandiri di sejumlah daerah level kabupaten/kota.

“Rata-rata di provinsi hanya Jawa Timur yang mandiri, harus koalisi di berbagai provinsi. Kalau kabupaten, banyak sekali yang mandiri,” tegasnya.

Ketika ditanya mengenai tokoh yang akan diusung PKB di Pilkada Jatim 2024, ia mengatakan partainya akan membangun koalisi untuk mengusung calon kepala daerah.

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, Siapa yang Akan Diusung PKB?

“Ya lagi proses, tentu kita juga butuh koalisi. Kita juga mempertimbangkan ketokohan, mesin pemenangan,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun analis politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo, berpendapat popularitas Cak Imin dapat menyaingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jika dia maju dalam Pilkada Jatim 2024.

“Kalau popularitas mungkin iya, tapi kalau secara elektabiitas akan berbeda karena kan kita tahu bahwa di Jawa Timur yang kebanyakan kaum nahdliyin itu juga sudah terbagi dalam berbagai partai, dengan posisi kiai dan sebagainya,” bebernya dalam program Rumah Pemilu Kompas TV, Kamis lalu. 

Baca Juga: Wasekjen PKB Ini Buka Pembicaraan dengan Prabowo Beberapa Waktu Lalu

“Kalau misalnya bertarung betulan, memang akan terjadi rebutan dalam kiai-kiai, tinggal nanti wilayahnya,” tegasnya.

 

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU