Eri Cahyadi Peroleh Penghargaan Peduli Stunting

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 04 Mei 2024 10:25 WIB

Eri Cahyadi Peroleh Penghargaan Peduli Stunting

Surabaya (optika.id) - Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, meraih penghargaan kategori Kepala Daerah Peduli Stunting. Penghargaan itu diberikan oleh beritajatim.com dalam puncak perayaan HUT ke-18 yang dihelat di Spazio Tower, Jalan Mayjend Jonosewojo, Surabaya, Kamis (2/5/2024).

Penghargaan itu diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser, yang hadir mewakili Wali Kota Eri Cahyadi.

Baca Juga: Fasilitasi Musik Pelajar, PDAM Peroleh Apresiasi dari Eri Cahyadi!

"Kami terima kasih kepada beritajatim.com yang memberikan apresiasi kepada Pak Wali Kota atas kinerja keras beliau dalam menurunkan stunting," kata M Fikser, ditemui usai menerima penghargaan, Kamis (2/5/2024).

Fikser menjelaskan, penurunan stunting menjadi salah satu perhatian serius Wali Kota Eri Cahyadi. Perhatian ini juga menjadi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam memastikan tumbuh kembang anak bagi generasi bangsa.

"Dan ini prestasi pemerintah kota juga, karena Pak Wali Kota bisa mengerahkan seluruh stakeholder, OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada. Dan (prestasi) ini bukan hanya Dinas Kesehatan, tapi semua OPD terlibat dalam penanganan stunting," ujarnya.

Baca Juga: Festival Rujak Uleg, Eri Cahyadi: Ini Menggambarkan Bentuk Toleransi

Lebih dari itu, Fikser juga mengungkapkan, penanganan stunting di Kota Surabaya bukan hanya mengandalkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Tetapi juga dukungan dari para stakeholder dan pihak-pihak swasta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Beliau (Wali Kota Eri) juga merangkul pihak swasta yang menjadi orang tua asuh terhadap anak-anak stunting yang ada di Surabaya. Jadi ini kerja pentahelix yang kemudian membuahkan hasil," tuturnya dilansir dari Kominfo Jatim. 

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2023, prevalensi stunting di Kota Surabaya tercatat di level 1,6 persen. Padahal, pada 2021 masih tercatat 28,9 persen dan menurun signifikan di akhir 2022 menjadi 4,8 persen. 

Baca Juga: Atasi Banjir, Pemkot Terus Kebut Proyek untuk Menangani!

Karena itu, Fikser mewakili Wali Kota Eri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung program penurunan stunting di Surabaya. Termasuk pula kepada media massa dan terutama beritajatim.com yang telah memberikan penilaian dan apresiasi kepada Wali Kota Eri.

"Semoga apa yang kita dapat ini justru jadi pemicu semangat bagi pemerintah kota untuk melakukan pelayanan yang lebih baik kepada warga Kota Surabaya," tuturnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU