Tanggapi Pernyataan Toxic, Anies Imbau Tetap Hargai Perbedaan

author Dani

- Pewarta

Rabu, 08 Mei 2024 13:40 WIB

Tanggapi Pernyataan Toxic, Anies Imbau Tetap Hargai Perbedaan

Jakarta (optika.id) - Tokoh nasional Anies Baswedan memberikan tanggapan atas pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan terkait Presiden dan Wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka supaya tidak membawa orang ‘toxic’ ke dalam pemerintahannya.

“Saya rasa begini ya. Pikiran boleh berbeda, gagasan boleh berbeda. Tapi satu hal, hormati perbedaan itu. Hormati. Saya cenderung menghindari diksi-diksi yang memberikan label merendahkan atas perbedaan pandangan,” ucap Anies di kediamannya Lebak Bulus Dalam, Fatmawati, Jakarta Selatan, Selasa, (7/5/2024). 

Baca Juga: Anies Putuskan Berada di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan orang-orang yang memiliki pandangan berbeda tidak menjadikannya di posisi yang buruk ataupun salah.

Baca Juga: Warga Jakarta Ingin PDIP Usung Anies di Pilgub Jatim

“Karena ketika kita memiliki pandangan yang berbeda. Bukan berarti yang berbeda itu lebih buruk. Apalagi yang berbeda itu dianggap meracuni. Belum tentu. Justru disitulah penghargaan pada prinsip demokrasi,” jelasnya. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anies meminta agar setiap perbedaan di tengah iklim demokrasi Indonesia, hal itu tak berarti buruk dan mestinya dihormati. Bukannya menggunakan diksi yang merendahkan.

Baca Juga: Partai Kemerdekaan Rakyat Ingin Anies Jadi Gubernur Lagi

“Itu yang kami khawatirkan, makin hari pelan-pelan makin luntur bila Anda sepaham dengan saya. Maka Anda benar dan Anda sehat. Tapi bila Anda tidak sepaham dengan saya maka Anda adalah tidak benar Anda tidak sehat,” tegasnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU