Pengamat Prediksi Pernyataan Prabowo untuk Ganjar dan PDIP

author Dani

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 23:38 WIB

Pengamat Prediksi Pernyataan Prabowo untuk Ganjar dan PDIP

Jakarta (optika.id) - Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat meminta agar pihak yang tidak mau diajak kerja sama untuk tidak menjadi pengganggu. Lantas siapa pengganggu yang sebetulnya dimaksud Prabowo?

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pihak pengganggu yang dimaksud Prabowo adalah PDIP dan Ganjar Pranowo. Dia mengaitkan itu dengan pernyataan Ganjar dan posisi PDIP yang kelihatan condong menjadi oposisi.

Baca Juga: Pengamat Sebut Pertemuan Paloh dan Prabowo Bisa Jadi Koalisi

"Sepertinya pernyataan itu dikaitkan dengan sosok personal Ganjar dan PDIP. Ganjar beberapa waktu lalu tegaskan jadi oposisi. PDIP sampai detik ini kelihatan lebih condong jadi oposisi juga," kata Adi Prayitno dilansir dari Detikcom, Minggu (12/5/2024).

"Banyak pernyataan elite dan kader PDIP yang sangat agresif terus menyerang bahwa pilpres penuh dengan kecurangan. Bahkan mereka lagi gugat ke PTUN," lanjutnya.

Dia menyebut pernyataan Prabowo tidak terlihat dikaitkan dengan Anies Baswedan dan juga PKS. Terlebih, kata dia, PKS juga belakangan berupaya menjalin komunikasi dengan Prabowo.

Baca Juga: Pengamat: Jokowi Masih PDIP, Anggapan Tak Lumrah Jika ke Golkar

"Pernyataan Prabowo itu tidak dikaitkan publik dengan Anies yang sampai hari ini belum nyatakan siap oposisi seperti Ganjar. Tidak pula dikaitkan dengan PKS yang terlihat ingin membangun komunikasi dengan Prabowo, terutama saat PKS halalbihalal. Meski Prabowo tak hadir, tapi setidaknya PKS mulai membuka komunikasi dengan capres nomor dua itu," jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Karena itu lah, dia meyakini pernyataan Prabowo itu dialamatkan kepada Ganjar dan PDIP. "Dialamatkan Ganjar dan PDIP. Itu juga menurut kecenderungan pembicaraan publik di ruang mata," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat: Hak Angket Itu Perlu untuk Usut Kecurangan Pemilu

Meski begitu, dia juga mengingatkan sikap Ganjar dan PDIP sampai hari ini belum menyatu. Dia meyakini PDIP baru akan menentukan sikap pada rakernas mendatang.

"Sikap Ganjar dan PDIP per hari ini belum menyatu. Ganjar sebagai personal siap oposisi. Sementara PDIP sikap resminya akan diputuskan di rakernas, oposisi atau koalisi. Meski publik meyakini pdip condong ingin oposan. Dan sejauh ini sikap Ganjar tak mencerminkan sikap resmi PDIP yang sikap resminya baru diukumkan di rakernas bulan ini. Meski sikap ganjar itu dinilai cermin sikap pdip, publik tinggal tunggu sikap resmi PDIP," jelas dia.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU