Dialog Kebangsaan Polri Bersama PMPI, Polda Jatim Undang Perwakilan Organisasi Kepemudaan se-Jawa Timur

author Dani

- Pewarta

Senin, 10 Jun 2024 18:34 WIB

Dialog Kebangsaan Polri Bersama PMPI, Polda Jatim Undang Perwakilan Organisasi Kepemudaan se-Jawa Timur

Surabaya (optika.id) - Pada hari Senin, 10 Juni 2024 agenda wawasan kebangsaan yang digelar oleh Bid Humas Mabes Polri bersama PMPI memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada generasi muda dan perwakilan organisasi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan teritorial Polda masing - masing.

Wawasan kebangsaan ini mengundang beberapa tokoh nasional, Dr. H. Maulana Al - Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Wantimpres RI), dan Surahno, S.H., M.Hum. (BPIP RI). Keduanya menjadi narasumber dalam agenda wawasan kebangsaan yang diselenggarakan pada hari ini.

Baca Juga: POLRI Buka Pendaftaran SIPSS Tahun 2024, Ini Syarat dan Caranya

Acara tersebut dimulai pukul 10.00 WIB. Pada kesempatannya Ketua Umum PMPI, Khusniyati, S.Pd. memberikan sambutan sebagai pembuka acara kali ini. Khusni menyampaikan bahwa sebagai pemuda generasi penerus bangsa harus mengetahui pentingnya wawasan kebangsaan, karena menjadi kesadaran diri akan identitas, hak dan kewajiban sebagai bagian bangsa Indonesia yang berdaulat dan berbudaya.

“Lirik yang terdapat dalam lagu Indonesia Raya tidak serta merta hanya sebatas sebuah kalimat, namun memiliki makna yang dalam. Misalnya dalam kalimat pembuka ‘Indonesia Tanah Air-Ku’ menjadi contoh bahwa kita sebagai warga negara harus memiliki rasa handarbeni terhadap bangsa kita Indonesia,” tutur Abah Luthfi.

Baca Juga: Catatan Akhir Tahun: Ini Daftar Pelanggaran yang Dilakukan oleh Kepolisian Sepanjang Tahun 2023

Ahmad Yusuf sebagai Ketua DPW PMPI Jawa Timur sekaligus peserta yang diundang oleh Polda Jatim menambahkan “Seyogyanya sebagai pemuda juga harus paham mengenai sejarah bangsa yang begitu besar, oleh karenanya wawasan kebangsaan ini dibutuhkan oleh setiap generasi penerus bangsa.” tambah Yusuf.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan yang dilangsungkan di Gedung Patuh Mapolda Jatim ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta yang terdiri dari organisasi kepemudaan. Sehingga dalam menerapkan rasa cinta tanah air dapat di implementasikan secara aktif dalam kehidupan sosial.

Baca Juga: Polri Tegaskan Tak Akan Berpihak Saat Pemilu Berlangsung!

“Sinergitas yang dilakukan oleh instansi Polri, dalam hal ini Polda Jatim dapat memahamkan kita semua sebagai pemuda, sekaligus sebagai reminder bahwa wawasan kebangsaan harus menjadi kunci penting untuk menjaga kedaulatan NKRI,” tutur Yusuf.

Oleh karenanya, kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mengejawantahkan rasa cinta tanah air kita dalam kehidupan sehari - hari. Agar, apa yang menjadi upaya bersama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dengan sempurna.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU