Trend Spirit Doll, Pengadopsi Spirit Doll Punya Gangguan Jiwa?

Reporter : Uswatun Hasanah
Trend Spirit Doll, Pengadopsi Spirit Doll Punya Gangguan Jiwa?

Optika.id - Belakangan ini, selebritis tanah air terang-terangan mengadopsi boneka arwah atau spirit doll. Sebut saja misalnya Ivan Gunawan, Soimah, Celine Evangelista, dan Furi Harun. Melihat fenomena tersebut, mungkin kita bertanya-tanya, apakah orang yang memiliki dan merawat spirit doll adalah orang dengan gangguan jiwa? Pasalnya, diketahui orang yang memelihara boneka berbentuk balita ini rela mengeluarkan uang selayaknya mengasuh anak sendiri. Padahal, spirit doll tak lebih dari sebuah benda yang mati. 

Menurut pendapat Adityana Kasandra Putranto, orang yang memiliki spirit doll dan merawatnya tidak bisa serta merta dilabeli sebagai pengidap gangguan jiwa atau depresi. Psikolog klinis tersebut menambahkan bahwa untuk sampai ke tahap diagnosa gangguan jiwa, harus ada pemeriksaan psikologis terlebih dahulu. 

Baca juga: Pemilu Sebabkan Banyak Orang Stres, Ini Cara Mengatasinya

Setiap perilaku pasti ada alasan dan motifnya, ujar Adityana lewat pesan singkat kepada  optika.id , Selasa (4/1/2022). Menurutnya, pemeriksaan harus dilakukan termasuk untuk orang-orang yang tidak memiliki anak namun lebih memilih mengadopsi spirit doll.

Dia menambahkan bahwa khusus untuk boneka arwah, biasanya orang yang mengadopsi memiliki keyakinan bahwa boneka tersebut bisa melindunginya, membawa keberkahan, membawa rezeki, dan lain-lain. Hal ini tidak jauh berbeda dengan kepercayaan dalam menyimpan keris, patung, atau benda bertuah berbau klenik yang lain. 

Boneka arwah atau spirit doll sendiri awalnya berkembang sejak tahun 2014 di Thailand silam. Boneka ini dipercaya membawa roh anak kecil melalui ritual pemujaan terhadap Dewi Parwati. Dewi Parwati bertugas untuk memanggil arwah anak kecil untuk bersemayam di dalam boneka yang diinginkan. Menurut kepercayaan, boneka arwah bisa membawa keberuntungan bagi yang merawatnya.

Beberapa artis yang diketahui mengadopsi spirit doll adalah Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, dan Furi Harun. Dalam akun Instagram pribadinya, Ivan Gunawan bercerita dia mengadopsi dua boneka arwah yakni Miracle dan Marvel.

Baca juga: Alami Baby Blues, Kapan Sebaiknya Ibu Pergi ke Psikolog?

Tak tanggung-tanggung, Ivan Gunawan bahkan membuat akun Instagram khusus untuk kedua anak-nya itu. Dalam akun Instagram @anakputramahkota, Ivan memperlakukan kedua boneka itu layaknya anak sendiri. Beberapa momentum kebersamaan mereka terekam disana seperti merayakan Natal, menidurkan mereka, hingga membeli perlengkapan sehari-hari layaknya bayi manusia. Akun tersebut bahkan sudah memiliki 43.000 pengikut.

Bagi Igun, sapaan akrabnya, ia tidak ambil pusing dengan anggapan miring masyarakat tentangnya dan membantah jika bersama kedua buah hatinya itu dia melakukan ritual mistis. Igun menegaskan yang jelas dia akan tetap mengurus Miracle dan Marvel layaknya anak sendiri dan itu membuat dirinya bahagia.

Reporter: Uswatun Hasanah

Baca juga: Stres Pasca Pemilu Bayangi Pendukung yang Jagoannya Kalah, Bahaya Bagi Mental?

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru