Harga Beras Naik, Bulog Ponorogo Gelar Operasi Pasar

Reporter : Danny

Optika.id, Ponorogo - Untuk meredam gejolak kenaikan harga beras di pasaran, badan urusan logistik Bulog Ponorogo melakukan program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP).

Baca juga: Lagi-Lagi El Nino Disalahkan Biang Kerok Harga Pangan Mahal

Program SPHP atau masyarakat umum lebih dikenal dengan operasi pasar itu, dilakukandengan menjual beras kualitas medium kepada masyarakat Kabupaten Ponorogo. Operasi pasar penjualan beras kualitas medium itu, di Toko Pangan Kita (TPK) terletak di lantai 2 Pasar Legi. Ya, TPK ini merupakan kios milik Bulog untuk keperluan penjualan langsung ke masyarakat.

Penjualan beras medium oleh Bulog ini sudah dimulai sejak 2 minggu yang lalu. Yakni terletak di Pasar Legi, hampir setiap hari buka, kata Pimpinan Cabang (Pinca) Bulog Ponorogo, Aan Sugiarto, ditulis Rabu (1/2/2023).

Penjualan beras kualitas medium, khusus TPK di Pasar Lagi, Bulog Ponorogo menjual dengan harga Rp 9000 per kilogramnya. Dimana setiap orang boleh membeli maksimal 2 pak beras dengan isi per paknya 5 kilogram. Tidak ada syarat khusus untuk warga yang ingin membeli beras kualitas medium milik Bulog ini.

Hanya saja, petugas biasanya mengecek KTP milik warga yang telah membeli beras tersebut.

Ya tidak ada syarat khusus. Tetapi teman-teman itu mengecek KTP, supaya tidak ada warga yang bolak-balik beli. Selain itu, juga supaya masyarakat yang beli juga banyak, katanya.

Baca juga: Panen Raya Sudah Dimulai, Bapanas Klaim Harga Beras Bakal Segera Turun

Untuk operasi pasar di TPK Pasar Legi ini, Bulog Ponorogo memberikan kuota beras kurang lebih 1,5 ton per harinya. Aan mengklaim stok beras di gudang Bulog Ponorogo masih cukup hingga memasuki musim panen ke depan. Atau paling lambat sampai akhir bulan Februari atau Awal bulan Maret.

Panen awal nanti kan kita melakukan penyerapan lagi. Sehingga tidak akan khawatir untuk masalah stok ini.

Hitung bulanpanen awal menyerap lagi, masuk musim panen stok cukup. Panen paling lambat februari akhir atau awal maret. Biasanya, masuk musim panen ini, harga mengalami penurunan. Sehingga bisa dilakukan penyerapan.

Baca juga: Pengamat Ekonomi Sebut Pemerintah Gagal Mengelola Harga Pangan

Selain TPK di Pasar Legi, operasi pasar juga dilakukan oleh Bulog Ponorogo saat car free day (CFD) di Jalan Suromenggolo setiap minggu pagi. Di titik tersebut, Bulog menjual beras medium dengan harga kisaran Rp 8500 hingga Rp 8600 per kilogramnya. Harganya menyesuaikan, tergantung jarak dan volume penjualan di tempat operasi pasar tersebut.

Khusus TPK kita jual Rp 9000 per kilogramnya. Sebab, disana banyak pedagang yang jual beras. Sehingga dari informasi pedagang, mereka menjual beras medium di kisaran harga Rp 9000 hingga Rp 9400. Nah, kita ambil dari harga terrendahnya pedagang, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru