Optika.id - Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadan, tak terkecuali masyarakat Indonesia yang menantikan momen tersebut.
Baca Juga: Kembangkan UMKM, Pemkot Adakan Pelatihan Creator Lab
Momen Ramadan ini tentunya dinantikan juga oleh berbagai kalangan, tak terkecuali para penjual atau pelaku usaha yang biasa mendapatkan orderan membludak sepanjang Ramadan.
Berdasarkan data dari marketplace Tokopedia, pada Ramadan tahun lalu terjadi peningkatan jumlah pesanan sebesar 77% dibandingkan tahun sebelumnya.
Oleh sebab itu, bulan puasa merupakan momentum yang sangat tepat bagi para pelaku usaha, terutama UMKM di Indonesia guna memaksimalkan strategi jualan online agar penjualannya meningkat pesat serta memperoleh keuntungan yang cukup besar.
Lantas, apa tips yang diperlukan agar jualan online selama Ramadan memperoleh untung maksimal dan optimal?
Melakukan Riset Lebih Dahulu
Sebelum memutuskan untuk menjual sesuatu, terlebih dahulu sebaiknya mencari tahu produk apa yang sedang laris di pasaran atau yang saat itu digemari di pasaran. Bisa juga sesuatu yang unik, kreatif dan bernilai jual. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan online dan menarik konsumen.
Para penjual bisa memanfaatkan platform e-commerce yang menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan agar konsumen tertarik dan penjualan juga optimal.
Baca Juga: Pemkot Surabaya Upayakan Tambah Sejumlah UMKM di Sektor Mamin
Rombak dan Percantik Halaman Toko
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Setelah melakukan riset dan memilih e-commerce untuk memasarkan produk, lakukan optimalisasi halaman toko dan produk yang menarik. Hal ini berpotensi membuat pemberi semakin tertarik untuk mengklik toko dan membeli produknya. Tak hanya halaman toko saja yang dibuat cantik, halaman produk pun harus diperhatikan oleh para penjual.
Halaman produk yang dimaksud yakni foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya secara gamblang.Judul dan deskripsi yang disematkan di produk juga harus lengkap agar konsumen mendapatkan informasi yang lengkap dan mengakomodasi pertanyaan dari calon pembeli.
Menjual Produk Parsel dan Pernak-Pernik Ramadan
Baca Juga: Cawapres 02 Janjikan 19 Juta Lapangan Kerja dari UMKM Hingga 5 Juta Green Jobs
Ramadan dan lebaran identic dengan penjualan parsel yang bertema muslim yang cantik-cantik. Pada tahun 2022 lalu diketahui penjualan parsel melonjak hampir 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Mengulang kesuksesan penjualan tersebut, para penjual bisa terinspirasi dari ide jualan parsel tersebut dengan mengembangkan produk yang lebih kreatif.
Penjualan parsel juga merupakan produk yang paling populer selama hari-hari besar seperti Ramadan dan lebaran. Tak hanya itu, penjual juga bisa menjual berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan momen Ramadan dan lebaran.
Gencar Lakukan Promosi
Terakhir, para penjual bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi. Baik di media sosial, maupun platform e-commerce yang digunakan. Biasanya, platform e-commerce menyediakan fitur promosi yang menarik seperti Ads (iklan) dan berbagai hal lainnya. Fitur Ads atau iklan ini diketahui mampu memaksimalkan hasil pemasaran bagi para pelaku usaha nantinya.
Editor : Pahlevi