Ingin Bisnis Lancar dan Sukses? Terapkan Strategi Beriklan Ini

author Uswatun Hasanah

- Pewarta

Jumat, 20 Okt 2023 14:38 WIB

Ingin Bisnis Lancar dan Sukses? Terapkan Strategi Beriklan Ini

Optika.id - Strategi iklan sangat berperan bahkan menentukan dalam dunia pemasaran. Adapun yang dimaksud dengan strategi iklan merupakan serangkaian langkah yang direncanakan dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target audiens.

Dalam menerapkan strategi iklan, perlu memperhatikan pemilihan media yang tepat, pembuatan pesan yang menarik, serta pandai-pandai dalam mengoptimalisasi pengalaman pengguna. Tujuannya adalah untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti menghasilkan penjualan, meningkatkan target penjualan, memperoleh prospek baru hingga meningkatkan kesadaran merek.

Baca Juga: Iklan Pemilu di Medsos Susah Diaudit Transparansinya, Dana dari Mana?

Strategi iklan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Perlu dilakukan beberapa cara yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara yang efisien. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin berhasil dalam strategi iklan ini?

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/10/2023), Optika.id merangkumnya di bawah ini:

Tentukan Tujuan Beriklan

Langkah pertama dalam merencakan dan merancang strategi iklan yang efektif adalah dengan mengidentifikasi tujuan bisnis terlebih dahulu. Tanyakan, apa yang ingin dicapai melalui kampanye iklan ini? Apakah tujuannya ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau memperluas pangsa pasar?

Tujuannya adalah agar bisa merancang strategi yang sesuai dan mengarahkan upaya pemasaran dengan lebih tepat tujuan.

Selain menentukan tujuan bisnis, perlu juga menentukan sasaran spesifik untuk kampanye iklan yang terukur dan dapat dicapai.

Tujuan menerapkan sasaran yang spesifik ini adalah bisa melacak kemajuan kampanye dan mengukur keberhasilan strategi iklan yang diterapkan. Selain itu, sasaran yang spesifik juga bisa membantu untuk semakin fokus dan mengarahkan upaya beriklan dengan lebih efektif, mengevaluasi kinerja kampanye iklan, dan melakukan perbaikan apabila diperlukan.

Mengenal Target Audiens

Salah satu elemen kunci dalam strategi iklan yang efektif yakni pemahaman yang mendalam tentang target audiens. Lakukan analisis yang teliti untuk profiling audiens baik dari segi personal mereka, apa preferensi mereka dana pa yang membuat mereka tertarik dengan produk atau layanan yang hendak ditawarkan.

Baca Juga: Bisnis Media dan Percetakan Bakal Raup Cuan Saat Pemilu Nanti

Harapannya, dengan mengetahui target audiens, pesan iklan yang dirancang akan lebih relevan dan efektif dalam menarik minat dan perhatian mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemilihan Platform Iklan yang Tepat

Dalam strategi iklan yang efektif, penting untuk memahami berbagai jenis media iklan yang tersedia misalnya platform online dan offline mencakup media sosial, situs web, televise, radio, media cetak, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu diketahui adalah setiap jenis media memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing tergantung audiens nya juga. Maka dari itu, hal yang penting untuk dilakukan lebih dahulu adalah dengan mengeksplorasi dan memahami karakteristik dari media iklan yang berbeda lalu memilih media yang paling relevan dengan target audiens.

Copywriting yang Menarik 

Baca Juga: Jeli Cari Peluang, Ini Bisnis yang Menjanjikan Jelang Pemilu 2024

Agar strategi iklan berjalan efektif, pahami dulu psikologi konsumen dan gunakan pengetahuan ini untuk menciptakan pesan iklan yang menarik dan memikat perhatian.

Salah satunya dengan menggunakan teknik copywriting. Pasalnya, teknik ini cukup efektif dan menjadi kunci dalam menyampaikan pesan iklan yang kuat dan memengaruhi konsumen.

Gunakan gaya dan bahasa yang menarik dan sesuai dengan target audiens sebelum melakukan copywriting.

Misalnya, penggunaan headline yang menarik perhatian, mudah dihafal, argument kuat, penekanan manfaat bagi konsumen dan tindakan yang jelas serta menggugah agar konsumen tertarik.

Dengan menerapkan teknik copywriting yang efektif, daya tarik dan daya persuasi iklan lebih efektif dan menjangkau target pasar sehingga menghasilkan respons yang lebih tinggi dari target sebelumnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU