Program Air Bersih Prabowo Sentuh 101 Titik pada Tahun 2023

author Dani

- Pewarta

Rabu, 06 Des 2023 13:53 WIB

Program Air Bersih Prabowo Sentuh 101 Titik pada Tahun 2023

Optika.id - Air bersih merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Namun, saat ini fenomena krisis air bersih sedang dihadapi masyarakat di Indonesia. Hal itu yang dicanangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melalui Program Air Bersih yang dilakukan di sejumlah wilayah yang mengalami krisis air.

Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Prabowo-Gibran menegaskan dengan adanya peresmian titik air bersih tersebut sebagai pemenuhan hak dasar setiap masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, terutama seusai adanya kekeringan akibat musim kemarau.

Baca Juga: Keberuntungan Prabowo

Prabowo yang masih menjabat sebagai menteri pertahanan juga telah menjalani program pengadaan air bersih di beberapa titik wilayah sepanjang 2023.

Berikut ini program air bersih yang telah dilakukan Prabowo Subianto di beberapa titik wilayah di Indonesia sepanjang 2023.

Nusa Tenggara Barat
Prabowo Subianto meresmikan total 31 titik sumber mata air yang tersebar di Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelumnya, ia telah berhasil meresmikan 20 titik sumur bor di Lombok pada Februari 2023 dan dilanjutkan 11 titik sumur air bersih di Sumbawa pada Mei 2023.

Baca Juga: Suramnya Hak Asasi Manusia di bawah Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jawa Tengah
Prabowo Subianto meresmikan 27 titik air bersih di beberapa wilayah di Jawa Tengah pada Agustus dan Oktober 2023. Sebanyak 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul, Jawa Tengah, pada Rabu (9/8/2023). Adanya peresmian tersebut diharapkan dapat membantu sekitar 6.000 warga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya, ia juga meresmikan 16 titik air bersih yang tersebar di lima kabupaten di Jawa Tengah, pada Oktober 2023. Rincian peresmian tersebut, yaitu 7 titik di Kabupaten Banyumas, 3 titik di Kabupaten Blora, 3 titik di Kabupaten Boyolali, 2 titik di Kabupaten Purworejo, dan 1 titik di Kabupaten Kendal.

Baca Juga: PDIP Jadi Oposisi, Gibran Mempersilahkan

Maluku
Prabowo Subianto meresmikan 16 titik air bersih di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Senin (4/9/2023). Peresmian 16 titik tersebut menjadi bentuk solusi dari isu yang dikeluhkan oleh masyarakat setempat terkait ketersediaan air bersih di Pulau Moa, Maluku Barat Daya.

Pamekasan
Prabowo Subianto secara serentak meresmikan 12 titik air di 5 kecamatan di Pamekasan, Madura Jawa Timur, Minggu (26/11/2023). Jumlah keseluruhan dari 12 titik air yang tersebar, yaitu 3 titik di Kecamatan Pegantenan, 2 titik di Kecamatan Palengaan, 4 titik di Kecamatan Batumarmar, 2 titik di Kecamatan Waru, dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU