Prabowo: Keberadaan Pengungsi Rohingya di Aceh Jadi Beban

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Rabu, 27 Des 2023 07:34 WIB

Prabowo: Keberadaan Pengungsi Rohingya di Aceh Jadi Beban

Optika.id - Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan) RI, mengatakan bahwa Indonesia tidak bisa menerima semua pengungsi Rohingya yang datang ke negara ini. Sebab, banyak masyarakat Indonesia yang masih hidup miskin dan butuh bantuan pemerintah.

“Jadi tidak begitu fair (adil), kalau kita harus menerima semua pengungsi, itu menjadi beban kita,” ucap Prabowo di Banda Aceh, dilansir dari Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Jika Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, PDIP Harga Mati Oposisi

Prabowo mengatakan, penanganan pengungsi Rohingya harus dilakukan dengan pendekatan integralistik. Karena masalah ini, kata dia, adalah masalah global.

“Tentu Indonesia harus mendekatinya dengan suatu sikap dan pendekatan serta integralistik,” katanya.

Baca Juga: Capai 83,74 Persen, Update Real Count Pilpres 2024 di Jatim hingga Hari Ini

Prabowo menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan lembaga atau badan internasional, yaitu United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jadi ini perlu satu pendekatan yang integralistik. Tapi sekali lagi, di ujungnya kita harus menjaga kepentingan rakyat dan bangsa kita,” tuturnya.

Baca Juga: Setara Institute: Prabowo-Gibran Akan Bawa Indonesia ke Otoritarianisme 2.0

Aceh menjadi provinsi yang sering dikunjungi pengungsi Rohingya. Hal ini menyebabkan masalah tersendiri bagi Pemerintah Aceh yang harus menampung para pengungsi tersebut.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU