Rocky Gerung: Jokowi Bengis Rampas Tanah Rakyat

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Kamis, 28 Des 2023 14:34 WIB

Rocky Gerung: Jokowi Bengis Rampas Tanah Rakyat

Optika.id - Rocky Gerung, seorang pengamat politik terkenal Indonesia, mengecam Presiden Jokowi. Hal ini karena kebijakan perampasan tanah yang diatur dalam Perpres Nomor 78 Tahun 2023. Menurut Rocky Gerung, kebijakan tersebut merupakan pengkhianatan terhadap hak eksistensial rakyat atas tanah.

Selain itu, ia juga mengatakan, bahwa kebijakan perampasan tanah tersebut tidak memiliki dasar filosofis yang kuat. Ia menjelaskan, bahwa tanah tidak bisa dimiliki oleh negara, melainkan hanya dapat dikuasai. Bahkan, kebijakan tersebut juga tidak sejalan dengan semangat demokrasi.

Baca Juga: Harga Beras Capai Rp 19 Ribu Per Kg, Ganjar Sindir Bansos yang Digencarkan Jokowi

“Jokowi ini bengis. Dia ingin merampas tanah demi kepentingan kapital. Ini pengkhianatan terhadap hak eksistensial rakyat atas tanah,” ujar Rocky Gerung seperti yang dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (28/12/2023)

Masih lanjut dia mengatakan, kebijakan tersebut akan berdampak buruk bagi warga Rempang, Kepulauan Riau, yang menjadi korban pertama.

Baca Juga: HMI Tolak Usulan Pemakzulan Jokowi, Sebut Tidak Ada Alasan Kuat

Menurutnya, warga Rempang akan kehilangan tempat tinggal dan mata pencahariannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tanah dan kehidupan itu bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan warga Rempang. Ini bukan lagi persoalan sekedar tanah, tapi persoalan hidup mati,” papar Rocky Gerung.

Baca Juga: Arah Koalisi Jika Prabowo Diangkat Jadi Presiden, Banyak yang Putar Haluan

Di samping itu, Rocky Gerung mengajak kepada masyarakat untuk melawan kebijakan perampasan tanah tersebut. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan ancaman bagi demokrasi dan hak asasi manusia.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU