Hambat Petani Peroleh Pupuk, Prabowo-Gibran akan Hapus Kartu Tani

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Sabtu, 30 Des 2023 07:17 WIB

Hambat Petani Peroleh Pupuk, Prabowo-Gibran akan Hapus Kartu Tani

Optika.id - Sudaryono, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), menyampaikan keluhan para petani terkait ketersediaan akses pupuk di Jawa Tengah.

Ia mengatakan, para petani mengeluh sulit mendapatkan pupuk subsidi karena Kartu Tani. “Itu fakta di lapangan. Jadi tidak perlu menuding pihak lain tak paham data,” ujarnya , pada Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Penyusunan APBN 2025 Tak Libatkan KPK, Anggaran Makan Siang Gratis Tak Diawasi?

Sudaryono menambahkan, banyak petani di Jawa Tengah yang kesulitan dengan mekanisme penggunaan Kartu Tani, salah satunya terjadi di Kabupaten Karanganyar dan Kota Tegal.

“Saya mendapatkan informasi, bulan lalu ratusan petani anggota Gapoktan Sedayu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, marah lantaran Kartu Tani tak bisa digunakan menebus pupuk bersubsidi,” paparnya dikutip Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga: Denny Siregar: Bisa Jadi Prabowo Mendukung Hak Angket untuk Melepaskan Diri dari Pengaruh Jokowi

Selain itu, ada informasi dari Gapoktan Akur Tani Jaya, Kota Tegal yang anggotanya sulit mendapatkan pupuk bersubsidi lantaran mereka tidak mendapatkan Kartu Tani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sudaryono mendorong masalah tersebut segera teratasi. Ia mengatakan, Prabowo-Gibran hadir membawa solusi bagi petani dengan menyederhanakan proses petani untuk memperoleh pupuk subsidi dengan menghapus Kartu Tani.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul Telak di Jatim, Raih 14 Juta Suara

“Para petani memang menginginkan pupuk mudah didapat. Saya pastikan, kalau Prabowo-Gibran menang, Kartu Tani hilang, pupuk mudah didapat, petani sejahtera,” tuturnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU