DPRD Surabaya: Momen Mudik Tingkatkan Rasa Kepedulian Bagi Sesama

author Dani

- Pewarta

Rabu, 03 Apr 2024 22:30 WIB

DPRD Surabaya: Momen Mudik Tingkatkan Rasa Kepedulian Bagi Sesama

Surabaya (optika.id) - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti menyatakan masyarakat harus memaknai tradisi mudik di momen Hari Raya Idul Fitri dengan cara meningkatkan rasa kepedulian antarsesama.

Salah satu langkahnya adalah berperan aktif dalam proses pengawasan keamanan di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga: Perebutan Kursi di Dapil V DPRD Kota Surabaya, Berikut Sejumlah Nama yang Diprediksi Lolos

"Keamanan menjadi tanggung jawab bersama, masyarakat memiliki peran penting menjaga lingkungan tempat tinggalnya," kata Reni seusai agenda buka puasa bersama ratusan anak yatim piatu di Gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu, (3/4/2024).

Ketenteraman lingkungan, kata dia, bukan hanya menjadi tanggung jawab dari petugas keamanan, sebab ketika warga turun ambil bagian di dalamnya maka potensi aksi kriminal bisa diredam.

Upaya itu juga sejalan dengan langkah pemerintah kota (pemkot) bersama TNI, Polri, hingga jajaran di tingkat kecamatan dan kelurahan yang selalu menerjunkan personelnya berkeliling melaksanakan pengawasan di seluruh wilayah.

"Kita semua harus bersama-sama memperkuat peran pemerintah, itu yang sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Reni dikutip dari Antara. 

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya ini juga berharap pemkot setempat bisa membantu menyediakan kemudahan akses transportasi bagi warga yang akan melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca Juga: Sejumlah New Comer dari Dapil IV ini Punya Potensi Lolos ke DPRD Kota Surabaya

Salah satu caranya adalah dengan berkoordinasi bersama Pemprov Jawa Timur yang setiap tahunnya membuka layanan mudik gratis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Itu untuk memastikan warga Surabaya tidak terkendala transportasi," kata tokoh perempuan Surabaya tersebut.

Layanan mudik gratis itu disebutnya merupakan cara untuk memastikan keamanan warga saat melakukan perjalanan mudik, daripad menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Deretan Caleg yang Berpotensi Lolos DPRD Kota Surabaya Dapil III

Apalagi, lanjut dia, tujuan pulang ke kampung halaman untuk kembali berkumpul bersama keluarga.

Karena itu, dia mendorong pemkot agar benar-benar hadir dan memastikan warga Surabaya bisa mendapatkan banyak kuota dalam pelaksanaan agenda tahunan itu.

"Makanya itu harus dipastikan seperti apa," ujar Wakil Ketua DPRD Reni Astuti.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU