Gilga Sahid dan Gus Iqdam Ramaikan HJKS Surabaya ke-731

author Dani

- Pewarta

Rabu, 08 Mei 2024 13:27 WIB

Gilga Sahid dan Gus Iqdam Ramaikan HJKS Surabaya ke-731

Surabaya (optika.id) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar pengajian dengan penceramah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam sebagai salah satu rangkaian acara menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, yang diperingati, pada 31 Mei 2024.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Selasa menyatakan pengajian Gus Iqdam digelar di balai kota setempat, pada Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: Secepatnya, Eri Cahyadi Segera Bentuk SPBU dan SPI untuk Pendapatan Nelayan!

"Nanti kami akan tutup Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai depannya DPRD atau Jalan Yos Sudarso, Insya Allah Gus Iqdam memulai ceramah pukul 21.00 WIB atau 21.30 WIB, tapi sebelumnya ada hadrah dari Gus Iqdam juga," kata Eri.

Selain Gus Iqdam, Pemkot Surabaya juga menggelar acara "Surabaya Bershalawat" bersama Al-Habib Syech bin Abdul Qodir As-Segaf atau Habib Syech, di Tugu Pahlawan, pada Jumat (24/5/2024). 

Eri menyatakan bahwa HJKS ke-731 disemarakkan dengan banyak acara lainnya, seperti "Surabaya Shopping Festival" (SSF) di tanggal 15 Maret-14 April 2024, dengan melibatkan delapan asosiasi, yakni perkumpulan pengusaha kafe, restoran, ritel, agen perjalanan, perhotelan, rumah sakit, dan klinik.

"SSF ada potongan harga di semua mal atau pusat perbelanjaan di Kota Pahlawan. Kemudian paket pemeriksaan kesehatan, layanan perawatan, cek laboratorium, hingga perawatan kecantikan," ujarnya.

Selanjutnya, pada Sabtu (4/5/2024) pemkot menggelar ruwatan dan pergelaran wayang kulit di Tugu Pahlawan, yang langsung dimainkan oleh empat dalang muda, yakni Ki Rendra Adam, Ki Bayu Wiyan Wijaya, Ki Tee Boen Liong (Sabdo Sutejo), dan Ki Nyui Warsono. 

"Wayang ini adalah budaya bangsa. Saya sangat menghargai dengan pergelaran wayang ini. Karena yang bermain wayang adalah dalang cilik, dan para pengrawitnya adalah anak-anak," ucap dia.

Baca Juga: Fasilitasi Musik Pelajar, PDAM Peroleh Apresiasi dari Eri Cahyadi!

Tak hanya itu, pada Minggu (19/5/2024) pemkot menggelar Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya, sebab kawasan Kya-Kya yang biasa digunakan menggelar acara tahunan itu sedang dalam masa perbaikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rangkaian HJKS ke-731 turut menghadirkan acara "Surabaya Pesta Pora" di Taman Hiburan Pantai (THR) Kenjeran, pada tanggal 21-26 Mei 2024. Setelahnya ada "Surabaya Vaganza" atau "Parade Bunga" dengan rute Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan hingga Alun-Alun Surabaya, Jalan Yos Sudarso, pada Minggu, 26 Mei 2024, dan Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 di halaman Balai Kota Surabaya, pada 31 Mei 2024.

"Akhir bulan Mei 2024, insya Allah kami meresmikan Wisata Kota Lama. Saat ini, struktur Kota Lama sudah selesai. Ini akan menjadi kado terindah bagi warga Kota Surabaya," katanya.

Selain itu, Eri menyatakan pada 7 Juni 2024, seluruh rangkaian acara HJKS ke-731 ditutup dengan gelaran konser Gilga Sahid.

Baca Juga: Festival Rujak Uleg, Eri Cahyadi: Ini Menggambarkan Bentuk Toleransi

"Ada juga nanti Festival Band Anak Sekolah tingkat SMP dan SMA. Insya Allahakan sangat meriah," tuturnya.

Dalam semarak HJKS ke-731 ini, Pemkot Surabaya mengusung tema "Satukan Tekad Surabaya Hebat" dan slogan #SurabayaNduweGawe.
 
Pemkot Surabaya sudah bekerja sama dengan penyedia jasa perjalanan untuk menyiapkan fasilitas akomodasi bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

"Seluruh warga Kota Surabaya, ayo ikut meramaikan semua rangkaian acara HJKS yang akan kami gelar itu," ujar Eri Cahyadi.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU