PDIP Sudah Jalin Komunikasi dengan Anies, Sinyal Akan Membersamai?

author Dani

- Pewarta

Senin, 10 Jun 2024 16:18 WIB

PDIP Sudah Jalin Komunikasi dengan Anies, Sinyal Akan Membersamai?

Jakarta (optika.id) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengaku sudah melakukan pembahasan secara informal dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar untuk menduetkan Anies Baswedan dengan kadernya di Pilkada Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Politisi PDI-P Chico Hakim dilansir dari tayangan Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Punya Basis Massa Kuat, PDIP Akan Dukung Anies?

“Terkait dengan (Pilkada) di DKI Jakarta memang betul senior kami, khususnya Pak Ahmad Basarah, sudah melakukan pembicaraan secara informal dengan Gus Imin (Muhaimin Iskandar), dan membicarakan kemungkinan-kemungkinan kerja sama, salah satunya kerja sama politik untuk mengusung, apabila PKB serius mengusung Anies Baswedan,” ucap Chico.

"Namun, PDI Perjuangan berharap di dalam kombinasi calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan kami usung di Pilkada DKI Jakarta, kami menginginkan ada kader kami di situ. Dan itu suatu hal yang wajar-wajar saja, cukup pantas karena memang PDI Perjuangan memperoleh suara kedua tertinggi di DKI Jakarta.”

Chico pun menyampaikan sejumlah nama kader PDI Perjuangan yang mungkin diusung pada Pilkada Jakarta dari partainya. Itu antara lain Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Tri Rismaharini, Andika Perkasa, dan Djarot Saiful Hidayat.

Baca Juga: Peneliti BRIN Nilai Anies Jaga Modal untuk Pilpres 2029 dengan Maju Pilgub Jakarta

“Prinsipnya yang kami ingin utamakan adalah bagaimana sosok-sosok yang akan kami usung ini bisa menjawab tantangan-tantangan ke depan karena DKI Jakarta akan menjadi DK Jakarta," tuturnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Masalah aglomerasi, masalah penganggaran yang baru, masalah prioritasnya sebagai Daerah Khusus Ibu Kota sudah tidak ada lagi, dan ini juga menjadi tantangan baru bagi pemimpinnya ke depan. Artinya, pemimpin-pemimpin yang kita cari benar-benar berpengalaman dan punya rekam jejak.”

Lebih lanjut, Chico menyampaikan bahwa kerja sama politik yang dilakukan PDI-P dengan Anies Baswedan sebagai hal yang dimungkinkan.

Baca Juga: Ini Prioritas Anies Jika Kembali Terpilh Gubernur Jakarta, Apa itu?

Sebab, kata dia, Anies Baswedan pernah bekerja sama dengan PDI-P saat mengantarkan Joko Widodo atau Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2014.

“Kalau kita bicara Anies Baswedan, PDI Perjuangan pernah kerja sama erat dengan Pak Anies, ketika Pak Anies waktu itu kalau tidak salah sebagai juru bicara pada masa kampanye Jokowi di periode pertama. Jadi, bukan hal yang baru,” ucap Chico.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU