Wadah Nelayan dengan Pemerintah, HNSI Lamongan Resmi Dilantik

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 29 Jun 2024 13:27 WIB

Wadah Nelayan dengan Pemerintah, HNSI Lamongan Resmi Dilantik

Lamongan (optika.id) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lamongan periode 2024-2029 dilantik oleh Sekretaris DPD HNSI Jaw Timur Faisol Rozi di Pendopo Lokantantra Kabupaten Lamongan. Turut hadir prosesi pelantikan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, berharap HNSI dapat menjadi jembatan antara nelayan dengan pemerintah dalam menyampaikan aspirasi. 

“Mari kita sambut dengan gembira bergandeng tangan ,saling mendukung, saling mensupport sehingga HNSI menjadi jembatan kebutuhan nelayan dengan pemerintah, kalau sudah sinkron akan menjadi kesejahteraan nelayan dan masyarakat Lamongan pada umumnya,” tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Adhy Karyono Serahkan Penghargaan IBangga untuk Kabupaten Lamongan

Dengan jumlah nelayan sekitar 26 ribu yang tersebar di 17 desa 2 kecamatan, hadirnya HNSI menjadi harapan besar para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan. Terlebih Lamongan dengan garis pantai sepanjang 47 km dan wilayah perairan laut seluas 902,4 km2 (terhitung dari 12 mil permukaan laut), menjadi potensi besar untuk peningkatan produktifitas perikanan tangkap maupun budidaya.

“Terima kasih sekali, walaupun Lamongan jumlah nelayannya terbesar ke tiga di Jawa Timur, justru produksi perikananya nomor satu di Jawa Timur. Dengan produktifitas 630 ribu ton per tahun termasuk ikan tanggap dan darat, tentu menempatkan kawasan luar biasa potensinya untuk kontribusi perikonomian di Lamongan,” ucap Pak Yes.

Pak Yes menceritakan, adanya program presiden makan siang bergizi akan memberikan dampak pada jumlah pasokan bahan makanan. Sehingga, diperlukan kesiapan untuk mampu menjawab tantangan tersebut. “Kita harus siap dengan dukungan produksi ikan yang akan mensuplai ke seluruh nusantra, mudah-mudahan akan membalikkan permintaan yang saat ini sedang melemah, sehingga kita harus optimis tidak hanya terus menerus merenungi keadaan,” tambah Pak Yes. 

Baca Juga: Bupati Lamongan Apresiasi Ponpes Tanfirul Ghoyyi

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat bekerja, Pak Yes berpesan, para nelayan yang telah mendapatkan program bantuan sosial BPJS Ketenagakerjaan dapat meneruskan program tersebut usai 6 bulan pertama cover dari pemerintah. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya beberapa kali menyerahkan langsung klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan. Jadi bagi yang BPJSnya sudah mau habis bisa dilanjutkan, karena preminya juga tidak mahal dan itu bisa melindungi seluruh keluarga,” ucap Pak Yes.

Baca Juga: Pak Yes Berangkatkan Kontingen untuk Kejurprov, Optimis Menang!

Ketua DPC HNSI Lamongan Sukri Sulatin, mengungkapkan komitmennya sebagai kepanjangan tangan para nelayan untuk menjaga kerukunan sekaligus menyuarakan kebutuhan nelayan. 

“Terima kasih semoga saya bisa mengemban amanah  dengan sebaik-baiknya, dan saya bersama pengurus berkomiten membantu teman-teman nelayan atau jika ada kesulitan tidak lain termusuk kerukunan dari lohguh sampai waru lor agar tidak ada bentrok anyar nelayan Lamongan maupun dengan nelayan dari Tuban, Gresik dan lainnya,” pungkasnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU