AHY Sebut Presiden Jokowi Tak Pernah Tawarkan Kaesang ke Demokrat

author Dani

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 17:16 WIB

AHY Sebut Presiden Jokowi Tak Pernah Tawarkan Kaesang ke Demokrat

Jakarta (optika.id) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak menawarkan putranya Kaesang Pangarep untuk maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) kepada Partai Demokrat.

Pernyataan  AHY tersebut ia sampaikan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Jokowi Terima Kunjungan PM Papua James Marape

Bukan hanya tak menawarkan pada Demokrat, menurutnya, Jokowi juga tidak menawarkan Kaesang pada partai politik (parpol) anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Apakah sudah ada permintaan khusus tentang Mas Kaesang kepada Partai Demokrat? Belum ada, belum ada,” ujar AHY, dikutip dari Kompas.com.

AHY juga menjelaskan, parpol anggota KIM masih perlu waktu untuk berpikir sebelum mengusung figur tertentu di pilkada sejumlah provinsi strategis.

Bahkan, lanjut dia, hingga kini parpol anggota KIM pun belum satu suara untuk mengusung figur yang sama di pilkada provinsi dengan basis pemilih besar.

“Saya beberapa kali dalam diskusi dengan rekan-rekan politisi, termasuk juga partai-partai yang tergabung dalam KIM, kita prinsipnya masih terus melakukan survei,” tuturnya.

Baca Juga: PDIP: Wacana Kaesang-Jusuf Hamka Hanya Cek Ombak, Bukan Masalah!

“Penelaahan di lapangan dan belum ada keputusan yang sangat final terkait dengan sejumlah daerah yang tadi disebutkan, apakah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah,” tambahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kesempatan itu AHY juga menjelaskan, Demokrat ingin mengambil kemenangan besar pada Pilkada Serentak 2024.

Oleh sebab itu partainya tak hanya memberikan dukungan pada kadernya, tapi juga figur yang memiliki kans menang paling besar.

Baca Juga: Habiburokhman Buka Peluang Usung Anies-Kaesang di Pilgub DKI Jakarta!

“Kalaupun sudah ada (tokoh yang diusung di Jakarta, Jateng, Jabar) pasti akan kami sampaikan, yang jelas Demokrat ingin sukses di pilkada ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menjelaskan bahwa Jokowi menawarkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ke sejumlah parpol.

Namun, pernyataan itu telah dibantah oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Kaesang, dan Jokowi sendiri.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU