UMKM Jadi Andalan Program Prioritas Khofifah-Emil untuk Periode 2024-2029

author Danny

- Pewarta

Jumat, 06 Sep 2024 16:52 WIB

UMKM Jadi Andalan Program Prioritas Khofifah-Emil untuk Periode 2024-2029

Surabaya (optika.id) - Presidium Aliansi Biru Ceria 02 Jawa Timur, Aven Januar mengatakan bahwa pemberdayaan UMKM akan tetap jadi sektor prioritas program Pasangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur, Khofifah - Emil Dardak dalam menapaki Periode Pemerintahan Provinsi Jawa Timur 2024-2029 mendatang.

"Kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Jawa Timur untuk Produk Domestik Bruto (PDB) cukup besar. Selama 2021 hingga 2023, kontribusi UMKM tercatat mengalami peningkatan hingga mencapai 59,18%," papar Aven Januar, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga: Pilkada Jatim Cetak Sejarah Baru, Tiga Srikandi Politik Bertarung Merebut Jatim I

Aven menambahkan dalam periode kepemimpinan Khofifah - Emil Dardak pada periode 2018-2023, tiingginya Kontribusi UMKM Jawa Timur telah mampu mendorong melesatnya angka pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Khofifah sangat concern dengan pertumbuhan UMKM di Jatim, pasca pandemi Covid, Khofifah berhasil mendorong produk UMKM Tembus Pasar Internasional, bahkan Produk UMKM Jatim menjadi Produk Unggulan Nasional di Pasar Eropa Dan Timur Tengah," jelas Aven Januar yang juga mantan Sekjen BEM FISIP Unair Periode 2001-2002 ini.

Baca Juga: Khofifah Ungkap UMKM Turut Kontribusi 59,18 Persen untuk PDRB Jatim

Aven Januar menambahkan ada 3 Pekerjaan Rumah bagi Khofifah - Emil Dardak pada sektor UMKM yang akan diselenggarakan pada periode 2024-2029 adalah yang pertama peningkatan kualitas dan mutu produk UMKM agar mampu bersaing dengan produk internasional lainnya. Kedua adalah Digitalisasi Produk UMKM, hal ini penting dilakukan dalam mencapai peningkatan jumlah captive market bagi produk UMKM Jawa Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Terakhir tentunya adalah sertifikasi produk UMKM yang disetarakan untuk kualitas ekspor, mengingat produk UMKM Jawa Timur telah dilirik oleh pasar Timur Tengah Dan Eropa," jelas Aven Januar.

Baca Juga: Khofifah Tetap Akan Menang Melawan Risma Maupun Luluk Diatas 60%

Terkait dengan target perolehan suara pada Pilgub Jatim 2024, Aven Januar mengatakan bahwa sampai dengan hari ini target suara Khofifah - Emil Dardak adalah diatas 60% suara sah dari tiga paslon yang ada. Kemenangan Khofifah - Emil juga akan disumbangkan dari sektor UMKM karena keseriusan Khofifah dalam Pengembangan sektor UMKM.

"Jumlah pekerja UMKM di Jatim berdasar data Januari 2024 adalah 2.153.000 pekerja, dan jika disetarakan jumlah 4 orang dalam 1 keluarga maka ada 8.612.000 warga Jatim yang hidup dari sektor UMKM, ini menjadi ceruk suara yang besar bagi Khofifah-Emil Dardak," pungkas Aven Januar.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU