Anies Baswedan: Indonesia Tak Melulu Harus Jadi Negara Berkembang

author teguh imami

- Pewarta

Jumat, 21 Jul 2023 13:43 WIB

Anies Baswedan: Indonesia Tak Melulu Harus Jadi Negara Berkembang

Optika.id - Bakal Calon Presiden Anies Baswedan memberikan saran ke pemerintah agar bisa memanfaatkan bonus demografi. Selain itu, saran yang dilontarkan Anies juga agar Indonesia tidak terjebak dalam jebakan negara berkembang.

Baca Juga: Kenali Tiga Kuliner Fermentasi Asal Asia yang Sudah Mendunia, Ada Khas Indonesia!

Menurutnya, salah satu kunci yang agar terbebas dari jebakan negara berkembang yaitu perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Anies melanjutkan, perbaikan itu bisa dengan cara memberikan layanan kesehatan dan pendidikan yang layak. Kemudian, ada akses kesempatan kerja yang cukup.

"Kualitas dari manusia Indonesia harus ditingkatkan terus menerus. Kualitas itu mulainya dari mana? Dari kualitas kesehatan dan pendidikan dulu, ketika kita pastikan dapat kepastian yang baik, kita baru pastikan kesempatan kerja dan berkarya di lapangan dengan cukup," ujar Anies dalam acara IDE Conference 2023 di Jakarta, yang dikutip, Jumat (21/7/2023), sebagaimana dilansir dari Suara.Com

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, pemerintah juga perlu memastikan tumbuh kembang anak-anak Indonesia sejak masih dalam kandungan. Dia pun mengingatkan angka kematian bayi di dalam kandungan harus mencapai 0.

"Angka pertumbuhan anak dari mulai usia 0 sampai 5 tahun atau 10 tahun harus sehat. Ini efeknya jangka panjang," imbuh Anies.

Baca Juga: 78 Tahun Merdeka, Indonesia Masih Terseok-Seok

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemudian, Anies memberi saran, perlu ada keseimbangan akses pendidikan, dengan menyamakan jumlah bangku yang di tingkat SD, SMP, dan SMA.

Lalu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, pemerintah perlu meningkatkan kualitas guru di Indonesia.

"Kalau jumlahnya tidak sama akan banyak yang hilang di jalan. Hari ini belum sama," jelas dia.

Baca Juga: Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Setelah semua terpenuhi, tambah Anies, baru pemerintahmeminta pelaku usaha menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup.

"Kalau sudah sehat dan terdidik maka fase ke depan adalah memastikan ruang berkaryanya cukup dan tersedia, artinya pertumbuhan dunia usaha didorong lebih besar. Pemerintah harus merangsang agar pasar membesar dan unsur masyarakat yang belum masuk didorong masuk," pungkas dia.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU