Optika.id - Tantangan dalam dunia kerja salah satunya adalah beradaptasi dengan lingkungan. Sebagai pekerja yang dituntut untuk selalu siap kerja, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan pun diperlukan.
Baca Juga: Simak Tips Keuangan untuk Pelajar dan Mahasiswa Kantong Tipis
Tak hanya adaptasi dengan lingkungan kerja, belajar jobdesk baru, belajar perangkat kerja baru dan mengenal karakter rekan kerja yang baru juga merupakan hal yang menantang.
Lantas, bagaimana tips untuk memulai beradaptasi di tempat kerja yang baru?
Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2023) Optika.id merangkum beberapa tips untuk karyawan yang dituntut untuk beradaptasi di tempat kerja barunya.
Penampilan yang Menarik
Tips pertama adalah memoles penampilan agar nampak menarik. Karyawan baru biasanya akan menjadi pusat perhatian hampir oleh seluruh senior di kantor. Maka dari itu, sebaiknya gunakan busana yang cocok dan nyaman menurut preferensi masing-masing.
Gunakan kombinasi yang cocok ketika memilih pakaian misalnya dengan mix and match atau istilah kerennya adalah OOTD. Jangan memilih warna yang terkesan mencolok. Selalu sesuaikan busana dengan lingkungan kerja, pastikan agar tetap sopan dan nyaman. Apabila masih bingung, maka bisa melihat referensi OOTD di internet.
MenguasaiJobdesk
Sebelum bekerja, riset dulu apa jobdesk yang akan dikerjakan. Kecerdasan kalian akan sangat dinilai dalam lingkungan baru. di sisi lain, apabila kalian menguasai jobdesk baru dengan baik, maka tingkat profesionalitas akan mendapatkan nilai lebih di mata rekan kerja maupun atasan.
Baca Juga: Abai Atasi Angka Pengangguran Usia Muda yang Kian Tinggi
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Lebih Banyak Mendengarkan
Jangan tunjukkan kesan yang banyak bicara apabila memasuki lingkungan kerja baru. alasannya adalah kalian akan dinilai sebagai seseorang yang cerewet dan menggurui.
Selalu lebih banyak mendengarkan di tempat kerja yang baru, apalagi waktu awal-awal memulai kerja. Bicara boleh, namun seperlunya saja. Pasalnya, ketika kalian lebih banyak bicara daripada mendengarkan, itu menunjukkan kesan bahwa kalian ingin diperhatikan daripada memperhatikan.
Selain itu, rekan kerja baru akan menganggap bahwa kamukurang fokus dalam pekerjaan. Namun, bukan berarti kalian tidak boleh bersuara ya. kalian bisa bertanya atau berdiskusi kepada rekan kerja.
Baca Juga: Perlukah Berdamai dengan Diskriminasi Kerja?
Disiplin Waktu
Kesan professional lainnya yang bisa ditunjukkan adalah dengan disiplin waktu misalnya datang tepat waktu ke kantor. Mental seorang pekerja yang datang tepat waktu dan tidak terlambat ini akan lebih matang dan tidak ada rasa sungkan karena terlambat.
Menawarkan Bantuan Terlebih Dahulu
Jangan malu dan ragu untuk menawarkan bantuan, apalagi jika kalian merasa memang bisa membantu. Namun, jangan asal menawarkan bantuan apabila pekerjaan sendiri masih belum selesai. ini akan menimbulkan kesan kalian adalah sosok yang aktif dan ceria.
Editor : Pahlevi