Bansos El Nino Respons Cepat Pemerintah Atasi Kemarau Panjang

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Jumat, 29 Des 2023 18:40 WIB

Bansos El Nino Respons Cepat Pemerintah Atasi Kemarau Panjang

Optika.id - Pemerintah menyediakan bantuan beras dan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengatasi penurunan produktivitas hasil pertanian akibat El Nino. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, fenomena El Nino menyebabkan suhu naik dan kemarau panjang yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia hingga akhir tahun 2023.

“Karena hujan datangnya terlambat, musim tanam tertunda 2 bulan. Kalau panennya tertunda, maka produksi berasnya menurun. Oleh karena itu, Pemerintah mengambil inisiatif memberikan bantuan," ujar Airlangga saat menemui penerima BLT El Nino di Kantor Pos KCU Jakarta Oceania, Jakarta Barat, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Menko Airlangga: Indonesia Harus jadi Pemain Utama Ekonomi Digital

Dilansir dari kantor berita RMOL.id , Bantuan beras yang diberikan sebanyak 10 kg untuk sekitar 21 juta penerima. Pemerintah, kata Airlangga, menyiapkan penyaluran BLT El Nino ke seluruh daerah di Indonesia selama November sampai dengan Desember 2023 dengan total anggaran mencapai Rp7,52 triliun.

Program ini menyasar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing akan memperoleh bantuan sebesar Rp400 ribu per dua bulan.

Baca Juga: Menko Airlangga: Indonesia Telah Menjadi Tujuan Investasi Properti Terbaik di Dunia

Bantuan El Nino ini juga diberikan sebagai respons fluktuasi harga sembako di berbagai daerah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hingga 21 Desember 2023, pemerintah telah menyalurkan BLT El Nino sejumlah Rp6,72 triliun atau sebesar 89,36 persen secara nasional. Sementara Rp795 juta masih dalam proses penyaluran. Diharapkan pada akhir tahun 2023 seluruh BLT El Nino sudah tersalurkan.

Baca Juga: Menko Airlangga Raih BKTI PII Award Sebagai Tokoh Transformasi Industri

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyerahkan BLT El Nino secara simbolis kepada lima KPM. Sedikitnya ada sebanyak 8.958 KPM di Jakarta Barat yang telah dialokasikan menerima BLT El Nino dengan total bantuan yang disiapkan sebesar Rp 3,58 miliar.

Hingga 28 Desember 2023, telah disalurkan BLT El Nino kepada 8.172 KPM atau sekitar 91,23 persen dari total penerima.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU