Ternyata Singapura Negara Yang Paling Bahagia di Asia

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 23 Mar 2024 10:41 WIB

Ternyata Singapura Negara Yang Paling Bahagia di Asia

Oleh: Cak Ahmad Cholis Hamzah

Baca Juga: Nilai Rupiah Anjlok

Surabaya (optika.id) - Kalau ada orang yang bertanya pada saya secara pribadi apakah Indonesia itu negara yang bahagia di Asia, maka meskipun dengan berbagai masalah yang ada di negeri ini, saya akan menjawab “ya” Indonesia adalah negara yang bahagia. Itu jawaban pribadi saya yang sangat subyektif, mengingat begitu nyamannya saya berada ditengah-tengah masyarakat yang memiliki budaya yang luhur, bisa beribadah dengan tenang, makanan tersedia, orang-orangnya banyak senyumnya – meskipun dalam hatinya menderita. Pendeknya menurut saya, Indonesia ini tempat yang membahagiakan rakyatnya.

Namun dalam sebuah laporan ternyata Singapura – bukan Indonesia, adalah negara paling bahagia di Asia selama dua tahun berturut-turut, menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2024 yang  dirilis Rabu. Negara-kota peringkat 30 dari 143 tempat yang disurvei untuk penelitian ini. Topping daftar tahun ini adalah Finlandia, diikuti oleh Denmark dan Islandia.

World Happiness Report adalah upaya bersama dari beberapa peneliti dan ilmuwan kesejahteraan terkemuka dunia. Peringkat kebahagiaan dalam penelitian ini didukung oleh data dari Gallup World Poll yang mengukur evaluasi kehidupan rata-rata individu, yang diambil selama tiga tahun dari 2021 hingga 2023.

Dalam laporan itu disebutkan 10 peringkat kebahagiaan teratas di Asia nomor satu diduduki negara Singapura, 2 negara Taiwan, 3 Jepang, 4 Korea Selatan dan selanjutnya berturut-turut Pilipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, China dan terakhir Monggolia.

Baca Juga: Korupsi Turun Temurun

Para ahli dalam laporan itu menganalisis data enam faktor utama: PDB per kapita (sekitar 72,794.00 USD atau setara dengan Rp. 1,091,910,000/tahun (2021), harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kemurahan hati dan persepsi korupsi. Penelitian mereka ke bidang-bidang ini memberikan wawasan yang lebih dalam dan penjelasan potensial untuk kualitas subjektif peringkat hidup yang diberikan orang. "Faktor-faktor ini membantu menjelaskan perbedaan di seluruh negara, sementara peringkat itu sendiri hanya didasarkan pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta untuk menilai kehidupan mereka sendiri," menurut sebuah pernyataan oleh World Happiness Report.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Data yang dikumpulkan untuk enam faktor itu berasal dari organisasi seperti Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia dan Gallup World Poll. "Singapura melakukannya dengan sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami," Shun Wang, rekan penulis dan editor Laporan Kebahagiaan Dunia 2024 mengatakan kepada “Singapura juga sangat baik dalam hal persepsi korupsi terendah di antara semua negara dalam data kami” kata Shun Wang CO-AUTHOR AND EDITOR, 2024 WORLD HAPPINESS REPORT.

"Itu berarti pemerintah Singapura benar-benar bersih dan orang-orang mereka benar-benar memiliki persepsi korupsi yang sangat rendah. bahkan lebih rendah, Anda tahu, daripada Denmark atau Norwegia," tambah Wang.

Baca Juga: Bukan KKB Lagi Tapi OPM

Denmark dan Norwegia masing-masing berada di peringkat ke-2 dan ke-7, pada laporan tahun ini.

Selain itu, Singapura "sangat baik dalam menghasilkan harapan hidup sehat, umur panjang dan hidup sehat," menurut Jan-Emmanuel De Neve, Direktur Pusat Penelitian Kesejahteraan di Universitas Oxford dan editor Laporan Kebahagiaan Dunia 2024.

Myanmar, Kamboja, India, Sri Lanka dan Bangladesh termasuk di antara negara-negara Asia yang paling tidak bahagia, menurut laporan itu. India, negara terpadat di dunia, berada di urutan ke-126 dari 143 tempat yang disurvei.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU