Khofifah Effect di Pilpres 2024 Akan Berlanjut pada Pilkada se-Jatim

author Dani

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 11:42 WIB

Khofifah Effect di Pilpres 2024 Akan Berlanjut pada Pilkada se-Jatim

Surabaya (optika.id) - Khofifah effect menjadi faktor utama kemenangan Prabowo-Gibran di Jatim dalam Pemilihan Presiden 9 Februari 2024 lalu. Yang mana Prabowo Gibran meraih 16.716.603 Suara Atau 65,19 persen dari Jumlah Suara Sah yang masuk.

"Khofifah Effect di Pilpres kemarin bisa ditunjukkan saat Akhir Desember 2023 lalu Survey Prabowo-Gibran dikisaran 45-47% tapi setelah Khofifah menyatakan mendukung pada 4 Januari 2024, akhir Januari hasil survey Prabowo - Gibran sudah meroket diangka 59-62%," jelas Aven Januar - Presidium Aliansi Biru Ceria Jatim, pada media hari Minggu, (26/5/2024).

Baca Juga: Khofifah: Mari Perguruan Tinggi Berikan Beasiswa untuk Anak Palestina

Maka dari itu, lanjutnya, Relawan Prabowo Gibran Se-Jawa Timur meyakini jika Khofifah Effect ini akan berlanjut pada gelaran Pilkada November mendatang.

"Ada 3 jejaring utama dari khofifah effect yang akan menjadi perhatian, pertama basis material sosok Khofifah pada jajaran Muslimat NU dan Fatayat NU yang mana basis massa kultural dan struktural kedua Ormas tersebut di Jawa Timur seakan melekat pada pribadi Khofifah," papar Aven Januar yang juga mantan aktivis Reformasi 98 Yogyakarta ini.

Kedua, kemampuan Khofifah sebagai figur pemersatu bagi partai partai politik yang berada dalam naungan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sejak diterbitkannya rekomendasi dukungan pada Khofifah pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024, seluruh partai di KIM seakan memiliki Khofifah sebagai pengayom seluruh partai.

Baca Juga: Prabowo Bahas Gaza, Khofifah Ngaku Siap Terima Anak Palestina di Jatim

"Khofifah menjadi figur pemersatu bagi struktural maupun kultural bagi basis Massa Partai Politik yang ada di KIM, manajerial komunikasi elit parpol ini yang benar benar dijaga oleh khofifah agar tidak salah satu parpol mengklaim memiliki khofifah sendirian," jelas Aven Januar yang juga mantan Sekjen BEM FISIP Unair 2001-2002.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu Faktor yang ketiga, adalah manajerial Khofifah yang mampu menyatukan dua elemen relawan besar Prabowo - Gibran, yakni elemen eks pendukung Jokowi 2 periode dan juga eks pendukung Prabowo 2 Periode. Sehingga kedua elemen tersebut mampu bergotong royong dalam proses kampanye Pilpres kemarin.

"Dari ketiga faktor tersebut yang membawa trickle down effect terhadap suara-suara dukungan masyarakat, Khofifah effect akan jadi game changer bagi peta politik di masing masing Kabupaten / Kota," papar Aven Januar.

Baca Juga: PAN: Fix Khofifah Duet dengan Emil di Pilkada Jatim!

Terakhir, Aven Januar bersama relawan Prabowo-Gibran meyakini Khofifah Effect ini juga akan membawa rontoknya beberapa Petahana di Kab/Kota Sejatim. Menurutnya tinjauan itu berdasar pada peta politik yang ada di Jatim pasca Pilpres 2024.

"Petahana di Kab/Kota Se-Jatim yang tidak related dengan Paslon Pilgub Jatim Khofifah-Emil Dardak akan menghadapi lawan yang serius, apalagi jika Khofifah mendukung secara terbuka lawan dari Petahana, maka saya pastikan petahana tersebut bisa kalah dengan calon yang didukung Khofifah," pungkas Aven Januar. 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU