Anies Berikan Janji Bangun Tempat Pengolahan Ikan untuk Nelayan Bengkulu

author Dani

- Pewarta

Kamis, 07 Des 2023 08:05 WIB

Anies Berikan Janji Bangun Tempat Pengolahan Ikan untuk Nelayan Bengkulu

Optika.id - Pembuatan tempat pengolahan ikan menjadi janji calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, agar bisa menstabilkan dan menaikkan pendapatan nelayan.

Anies menyampaikan hal itu usai bertemu dan berdialog dengan nelayan di Kampung Nelayan Pantai Kualu, Bengkulu, Rabu sore (6/12/2023).

Baca Juga: Pesan Anies ke Relawan, Perjalanan Masih Panjang

"Saya bertemu dengan nelayan di pantai pasar, lalu mendengar apa yang menjadi permasalahan mereka. Sejumlah nelayan menyampaikan bahwa ada kebutuhan untuk tempat pengolahan ikan," ujarnya.

Menurut Anies, tempat pengolahan ikan akan membuat ikan tahan lama. Begitu tidak tahan lama, harganya langsung turun. Pendapatan nelayan pun akan berkurang. Anies menuturkan, permasalahan tersebut sudah berlangsung lama.

Oleh karena itu, dia bersama cawapres Muhaimin Iskandar telah berkomitmen secara khusus dalam visi dan misi mereka untuk memajukan serta menyejahterakan nelayan dan wilayah pesisir.

Baca Juga: Anies Tegaskan Pemilu Ini Belum Tentu Satu Putaran

"Kami tidak ingin masalah itu berulang-ulang. Oleh karena itu, kami perlu melihat kesiapan tempat pengolahan ikan. Itu bagian dari visi dan misi kami bahwa tempat-tempat sentral kegiatan perikanan dan kegiatan nelayan harus disiapkan tempat penyimpanannya, cold storage," paparnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berjanji tidak hanya membangun tempat pengolahan ikan, tetapi juga mengelolanya oleh koperasi nelayan.

Baca Juga: Gerindra Sebut Koalisi dengan Kubu 01 dan 03 Berpotensi dapat Terjadi

Dengan harapan nelayan bisa menambah nilai jual dari hasil tangkapannya. Anies juga menyebut bahwa nelayan mengeluh soal kelangkaan pasokan tenaga surya, yang menjadi bahan bakar untuk melaut.

“Jadi, jamak ini, di banyak tempat pasokan solar subsidi terbatas, dan itu harus diselesaikan dari hulu ke hilir, bukan hanya di Bengkulu, tapi di banyak tempat,” tutupnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU