Pemilihan Walikota Surabaya Akan Lebih Seru

author Dani

- Pewarta

Kamis, 04 Apr 2024 20:37 WIB

Pemilihan Walikota Surabaya Akan Lebih Seru

Oleh: Cak Ahmad Cholis Hamzah

Baca Juga: Nilai Rupiah Anjlok

Surabaya (optika.id) - Saya tertarik melihat tayangan podcast sahabat saya cak Aribowo-Dosen FISIP Unair yang membahas dinamika pemilihan walikota Surabaya 2024. Bagi saya ada yang menarik bahwa pemilihan Walikota Surabaya itu akan diselenggarakan pada tanggal 27 Nopember 2024, dan pada bulan itu akan diperingati Hari Pahlawan 10 Nopember memperingati heroisme pejuang Arek-Arek Surabaya melawan pasukan Inggris, dan kebetulan di awal bulan Nopember 2024 negara Amerika Serikat akan menyelenggarakan Pilpres 2024. Jadi bulan Nopember nanti menjadi bulan yang penting dan menarik.

Cak Aribowo menjelaskan bahwa pemilihan Walikota Surabaya 2024 nanti akan lebih ramai dan seru dibandingkan dengan pemilihan Walikota sebelumnya, karena saat ini partai Gerindra mungkin akan mencalonkan penyanyi Ahmad Dhani sebagai calon Walikota untuk melawan petahana Eri Cahyadi yang didukung PDIP.

Cak Ari juga menjelaskan bahwa Walikota Surabaya diantara beberapa syaratnya salah satunya adalah populis, dan Ahmad Dhani kalau jadi diusung Partai Gerindra merupakan figure yang populis, dia lahir tahun 1972 (20 tahun dibawah usia saya), dan lahir seperti saya di kota Surabaya, dan sekolah yang sama dengan saya yaitu di SMAN 2 Surabaya – kalau tidak salah dia masuk tahun 1988 (saya SMAN 2 masuk tahun 1970). Seperti diketahui alumni SMAN 2 Surabaya itu adalah beberapa tokoh nasional seperti presiden pertama RI Ir. Haji Ahmad Soekarno, Wakil Presiden jamannya pak Suharto yaituJendral TNI Pernawirawan Tri Sutrisno – orang asli kampung Genteng Surabaya dan terkenal dengan panggilannya Cak Su, lalu sederet musisi angkatannya Ahmad Dhani yaitu Maia Estiany, Ari Lasso dan Piyu Padi.

Baca Juga: Korupsi Turun Temurun

Sahabat saya cak Aribowo yang juga asli Surabaya ini melihat bahwa partai Gerindra meskipun bukan partai terbesar namun take advantage atau mengambil keuntungan dari ketuanya Jendral Kehormatan TNI Prabowo yang oleh KPU sudah ditentukan sebagai pemenang dalam pilpres 2024 kemarin. Ini menjadi pemicu partai Gerindra untuk all-out memenangkan pertarungan merebut Surabaya 1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pertanyaannya apakah popularitas Ahmad Dhani dan partai Gerindra dapat mengungguli petahana cak Eri Cahyadi yang alumni ITS dan sedang sekolah S3 di Universitas Airlangga. Walikota cak Eri Cahyadi ini menurut cak Aribowo memiliki kemampuan menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik, berhasil melanjutkan pembangunan kota Surabaya yang di mulai dari jamannya Walikota Bambang DH dan Tri Rismaharini.

Siapapun nantinya Walikota Surabaya ini, harus melanjutkan pembangunan kota Surabaya yang sudah berusia 730 tahun dan menjadi economic hub atau pusat perekonomian Indonesia bagian timur dan harus mampu menangani berbagai tantangan yang masih ada.

Baca Juga: Bukan KKB Lagi Tapi OPM

Seperti diketahui berdasarkan Badan Pusat Statistik kota Surabaya, PDRB Kota Surabaya tahun 2023 atas dasar harga konstan menurut lapangan usaha – dalam jutaan adalah Rp. 459.030. 719,58, dimana tiga sektor besar menyumbang PDRB itu yaitu Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor Rp.128 814 587,77, IndustriPengolahan Rp. 87 392 236,59, Penyediaan Akomodasidan Makan Minum Rp. 66 946 110,99.

Walikota Surabaya yang akan datang juga harus mampu meningkatkan lagi PDRB nya dan mampu menyelesaikan tantangan kota Surabaya antara lain, pembangunan infrastruktur, transportasi, pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU