Jazilul Fawaid Buka Pintu untuk Partai Lain yang Mau Dukung Anies

author Dani

- Pewarta

Rabu, 03 Jul 2024 07:21 WIB

Jazilul Fawaid Buka Pintu untuk Partai Lain yang Mau Dukung Anies

Jakarta (optika.id) - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan sampai saat ini masih membuka diri kepada partai politik lainnya, termasuk dengan PDIP untuk berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 mengusung Anies Baswedan.

“Jadi hari ini PKB tetap akan membuka diri selaku katakanlah partai yang pertama kali mengusung Pak Anies akan berkomunikasi juga dengan partai-partai lain, termasuk PDIP, yang meskipun baru secara informal, PDIP juga oke dengan Pak Anies,” ucap Jazilul di kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, (2/7/2024). 

Baca Juga: Jazilul PKB: Koalisi Anies di Pilkada Jakarta Masih Sedikit

Namun, kata Jazilul, untuk memenangkan pilkada tentu harus ditentukan siapa calon pasangannya dan apa saja partai koalisinya. Kemudian, semakin besar koalisi, maka akan semakin memudahkan untuk memenangkan itu DKI. Dia mengungkapkan sampai saat ini partai koalisi di DKI masih cair.

“Oleh sebab itu partai koalisi untuk DKI sampai detik ini belum ada yang solid, semuanya masih cair, dan kadang dikaitkan dengan koalisi di pilpres, ada KIM, ada perubahan. Tetapi semuanya setahu saya belum ada yang duduk bersama, termasuk PKB katakanlah dengan PKS, belum intensif untuk duduk bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Kerja Sama PDIP-PKB: Jakarta ke Anies, Jatim Usung Cagub

Dia menilai pencalonan di Jakarta berbeda dengan Jawa Timur. Menurutnya kalau di Jawa Timur, kata Jazilul, PKB bisa usung sendiri. Sedangkan, di DKI harus melakukan koalisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Karena apapun di DKI ini berbeda dengan Jawa Timur. Kalau di Jawa Timur PKB bisa usung sendiri, sedangkan di DKI tidak bisa usung sendiri, di Jawa Barat tidak bisa usung sendiri. Sehingga membutuhkan komunikasi dengan partai koalisi setidaknya dengan PKS meskipun belum dirembuk secara resmi, itu sudah ada pembicaraan untuk berkoalisi,” ungkapnya.

Baca Juga: DPW PKB DKI Dukung Anies Baswedan Maju di Pilkada Jakarta 2024

Dia meminta bersabar karena pembahasan tersebut masih belum selesai. Dia ingin melihat dinamika ke depan. Sehingga, PKB tidak ingin terburu-buru menentukan sikap. Pihaknya masih akan menggerakkan dinamika politik di Jakarta dan konstelasi nasional.

“Maka sampai detik ini, belum selesai. Nanti kita lihat dinamikanya ke depan, termasuk kepada teman-teman PKS. Bersabar dulu, untuk kemudian duduk bareng-bareng gitu, bersama partai lain, supaya enggak ngunci dua partai,” jelasnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU