Ini 4 Tantangan Saat Kamu Menjadi Mahasiswa Rantau

author Mei Nurkholifah

- Pewarta

Kamis, 29 Des 2022 15:15 WIB

Ini 4 Tantangan Saat Kamu Menjadi Mahasiswa Rantau

Optika.id - Menuntut ilmu di luar kota menjadi pilihan beberapa pelajar. Beragam alasan turut menyertai. Baik karena menginginkan suasana baru maupun demi memperoleh pendidikan berkualitas. Jika dilihat sekilas, kehidupan sebagaimahasiswa rantau cukup menyenangkan. Padahal menjadi seorang mahasiswa rantau bukan hanya kegembiraan.

Baca Juga: PT Bank CIMB Niaga Tbk akan membuka pendaftaran program Beasiswa CIMB Niaga 2024

Kamu harus siap menghadapi tantangan yang menanti. Bisa saja kamu bertemu dengan orang yang memiliki karakter keras.Circlepertemanan yang tergolong toxic. Maupun kerinduan akan kampung halaman. Bagi kamu yang sedang merantau ini 4 tantangan yang harus kamu hadapi, Kamis (29/12/2022).

1. Harus belajar mandiri

Keputusan menjadi mahasiswa rantau memang tidak mudah. Kamu harus siap berpisah dengan orang-orang terdekat. Contohnya kamu berpisah dengan orang tua,saudara, maupun sahabat dekat. Tidak jarang perpisahan sementara tersebut membuatmu rapuh dan tidak berdaya. Tentu saja ini jadi tantangan bagi mahasiswa rantau. Tinggal terpisah dengan orang-orang terdekat, kamu harus belajar mandiri.

Jika biasanya butuh apapun ada yang membantu, sekarang kamu harus bisa menyelesaikannya sendiri. Kamu dituntut menjadi pribadi yang tidak mudah bergantung dengan orang lain.

2. Perbedaan budaya

Perbedaan budaya selalu ada ketika kamu pergi keluar daerah. Baik dari logat bicara, kebiasaan sehari-hari, maupun cara mereka memperlakukan seseorang. Tidak jarang kamu merasa asing di tengah lingkungan yang baru. Bahkan susah membaur. Tantangan ini harus kamu hadapi sebagai mahasiswa rantau. Kamu akan berhadapan dengan orang dari berbagai latar belakang.

Tidak jarang perbedaan tersebut bikin kamu gak nyaman. Rasanya ingin segera kembali ke kampung halaman dan membaur dengan budaya daerah sendiri.

3. Homesick

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website CV ATS Friendly, Kamu Harus tau!

Menjadi seorang perantau tidaklah mudah. Sebagaimana yang kita tahu, kehidupan di tanah rantau sangat keras. Selain sibuk dengan berbagai urusan, kamu juga harus bisa menahan rindu pada kampung halaman. Terkadang ini membuatmu lemah dan tidak bersemangat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kamu terjebak pada masa-masahomesick. Apalagi jika ini merantau untuk yang pertama kali. Bayangan akan kampung halaman terus mengikuti.

Kadang sampai bikin kamu hilang fokus dan konsentrasi. Rasanya ingin segera pulang dan bertemu orang-orang terdekat.

4. Cermat mengaturkeuangan

Jika saat tinggal di rumah, mungkin orang tua masih membantumu dalam mengelola keuangan. Ketika ada keputusan mendesak, kamu bisa dengan mudah meminta bantuan orang-orang sekitar.

Tapi lain halnya saat kamu sudah menjadi mahasiswa rantau. Pengelolaan keuangan sepenuhnya ada di tanganmu.

Baca Juga: PT Bank Central Asia Buka Program Magang, Yuk Daftar!

Tantangan ini tergolong berat bagi kamu yang menjadi mahasiswa rantau. Saya tidak siap di rumah harus cermat mengatur keuangan.

Termasuk mengalokasikannya dengan tepat agar bisa memenuhi sebuah kebutuhan. Entah kebutuhan pribadi, kebutuhan kuliah, maupun kebutuhan lain yang sekiranya mendesak.

Menjadi seorang mahasiswa rantau bukan sekadar bersenang-senang. Tadi kamu juga harus siap dengan berbagai tantangan yang menanti.

Entah tantangan dari dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika mampu melewati tantangan tersebut, kamu terbentuk menjadi manusia yang lebih ulet dan berkualitas.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU