PP Muhammadiyah Minta KPU Jaga Integritas: DKPP Jangan Lamban Respons Gugatan!

author Haritsah

- Pewarta

Jumat, 30 Des 2022 14:40 WIB

PP Muhammadiyah Minta KPU Jaga Integritas: DKPP Jangan Lamban Respons Gugatan!

Optika.id - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir tekankan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) segera tanggap soal gugatan di KPU.

Baca Juga: Kampus Muhammadiyah se-Indonesia Gelar Demo Bela Palestina

Ada dua laporan di DKPP terkait KPU, salah satunya melaporkan Ketua KPU Hasyim Asyari oleh kuasa hukum Ketum Partai Republik Satu Hasnaeni Moein alias "Wanita Emas" soal dugaan pelanggaran kode etik tindak asusila.

Haedar mengatakan DKPP harus cepat merespons laporan-laporan terebut karena kepercayaan KPU dipertaruhkan.

"Karena sebagai penyelenggara pemilu itu sentral bahwa sukses tidaknya pemilu kan di lembaga ini (DKPP dan KPU) juga Bawaslu. Karena itu jangan lambat dalam merespons ini segera adakan langkah-langkah yang memberikan kepastian," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (29/12/2022).

Ketum Muhammadiyah dua periode itu berharap KPU dapat menjaga kepercayaan masyarakat karena menjadi aktor utama dalam Pemilu Serentak 2024.

Baca Juga: Bersama Firma Hukum, KPU Akui Siap Hadapi Sengketa Pileg 2024

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Haedar Nashir pun meminta KPU Jaga Integritas. "Kami berharap DKPP itu menanggapi secara responsif lalu tentu bekerja sesuai dengan tupoksinya dan tidak kalah pentingnya baik di KPU-nya maupun di dewan kehormatannya, semua harus memastikan dan menjamin bahwa lembaga ini memang punya trust, integritas, profesionalitas dan objektivitas yang pasti," kata Haedar.

Ketua KPU Hasyim Asyari menyebut laporan-laporan ke DKPP tidak ganggu kinerja KPU, sebab KPU memang 'fitrahnya' sejak dulu dilaporkan. Jadi sudah jadi takdirnya KPU itu sebagai 'ter', terlapor, termohon, tergugat, teradu, kata Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

.

Baca Juga: Resmi, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wakil Presiden 2024

Jadi tidak boleh sakit hati, enggak boleh baperan, enggak boleh ngeluh, tambahnya.

Saat ditanya kesiapan menghadapi sidang di DKPP, Hasyim menegaskan siap menjalani sidang etik tersebut. Ya kalau ada aduan, ada gugatan, ya, nanti kita jawab di forum-forum tersebut, imbuhnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU