Viral! Ahok Sebut Prabowo Sudah Tak Sehat: Khawatir Kalau Tiba-tiba Gibran yang Naik

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Selasa, 06 Feb 2024 19:22 WIB

Viral! Ahok Sebut Prabowo Sudah Tak Sehat: Khawatir Kalau Tiba-tiba Gibran yang Naik

Jakarta (optika.id) - Video mantan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang menyindir kesehatan Prabowo Subianto, kinerja Joko Widodo, dan kapabilitas Gibran Rakabuming Raka, viral di media sosial Tiktok. Video itu menampilkan Ahok yang sedang berdialog dengan seorang ibu berusia 82 tahun yang mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 14 Februari 2024.

Ahok yang merupakan tim kampanye pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mencoba meyakinkan ibu tersebut untuk tidak memilih Prabowo-Gibran. Ahok mengatakan bahwa ia tidak mau memilih orang yang sudah tidak sehat, emosional, dan tidak terbukti bisa kerja.

Baca Juga: Empat Caleg DPD RI Jatim yang Berpeluang Lolos ke Senayan: Ponakan Khofifah Berpotensi Gusur Kondang

“Tapi persoalan pilih presiden, kita tidak mau pilih orang yang sudah tidak sehat. Kita tidak mau pilih orang yang emosional. Kita tidak mau pilih orang yang tidak terbukti bisa kerja,” ujar Ahok, seperti dikutip dari video yang diunggah oleh akun Tiktok @halim_tambari.

Ahok juga menantang ibu tersebut untuk memberikan bukti bahwa Gibran, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo, bisa kerja. Ahok menilai bahwa karakter seseorang baru teruji ketika memiliki kekuasaan.

“Dan kita khawatir kalau tiba-tiba Gibran yang naik. Kalau cuma 2 tahun, karakter teruji kalau ada kekuasaan. Sekarang saya mau tanya, di mana ada bukti Gibran bisa kerja selama jadi Wali Kota?” tanya Ahok.

Baca Juga: Rekap Suara Pemilu di Surabaya Terlambat, Imbas Banyaknya TPS

Selain itu, Ahok juga menyindir Jokowi, yang merupakan ayah dari Gibran. Ahok mengaku lebih tahu tentang kinerja Jokowi, tetapi tidak enak mengatakannya di depan umum. Ahok juga mengkritik keputusan Jokowi yang memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur, bukan Kalimantan Tengah seperti cita-cita Soekarno.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terus ibu pikir Pak Jokowi juga bisa kerja? Saya lebih tahu dan sebenarnya saya nggak enak bilang depan umum,” kata Ahok.

Ibu tersebut hanya menjawab bahwa Jokowi berhasil memindahkan ibu kota ke IKN. Namun, Ahok tidak puas dengan jawaban itu.

Baca Juga: Perjuangan Caleg PKB Sampang Cari Keadilan Usai Suaranya Nol di TPS Sendiri

Video Ahok yang menyindir Prabowo, Jokowi, dan Gibran itu mendapat berbagai reaksi dari netizen. Sebagian netizen mengapresiasi sikap Ahok yang tegas dan jujur, tetapi sebagian lagi mengkritik Ahok yang dianggap arogan dan tidak sopan.

Video itu juga menjadi sorotan media massa, yang melaporkan bahwa Ahok telah membuat blunder yang bisa menggerus suara pasangan Ganjar-Mahfud. Ahok juga disebut telah menyumpahi ibu lansia itu dengan mengatakan bahwa ia akan menyesal jika memilih Prabowo-Gibran.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU